1 Juni 2017

Review 7 - Pelaporan Keuangan dan Perubahan Harga

NAMA ANGGOTA KELOMPOK :

Dwi Ayu Larasati (22213664)
Dwi Puspita Agustin (22213693)
Nurul Maghfiroh Jufrin (26213733)
Puti Melati Khalishah (26213974)
Wa Ode Siti Hawani (29213185)

Kelas :
4EB22


Nama Jurnal
Jurnal Manajemen Indonesia
Volume / Halaman
Volume 15 No. 1
Nama Penulis
Dwian Wahyu Prabawa dan Fitri Lukiastuti
Judul Jurnal
ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN MANAJEMEN RISIKO DAN MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP RETURN SAHAM
Tanggal Jurnal
April 2015
Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah :
1. Untuk  menganalisis pengaruh kinerja keuangan perusahaan yang dihitung menggunakan proksi Debt to Equity Ratio (DER), Return On investment (ROI), Current Ratio (CR), dan Total Assets Turn Over (TATO) terhadap return saham perusahaan telekomunikasi yang listing di BEI tahun 2010-2013.
2. Menganalisis pengaruh manajemen risiko diukur menggunakan interest rate yang merupakan bagian dari risiko pasar terhadap return saham perusahaan telekomunikasi yang listing di BEI tahun 2010-2013.
3. Menganalisis pengaruh dari manajemen modal kerja diukur menggunakan Cash Conversion Cycle (CCC) terhadap return saham perusahaan telekomunikasi yang listing di BEI tahun 2010-2013.
Metode Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus.
Variabel Penelitian
Variabel dependen yang berupa return saham. Sedangkan variabel independennya adalah kinerja keuangan. Kinerja keuangan diproksi oleh Debt to Equity Ratio (DER), Return On Investment (ROI), Current Ratio (CR), dan Total Assets Turn Over (TATO). Market Risk diproksikan dengan interest rate dan Manajemen Modal Kerja dengan menggunakan proksi Cash Conversion Cycle (CCC). Sedangkan variabel dependen atau variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini yang dipengaruhi oleh variabel independen adalah return saham.
Hasil Penelitian
Dari hasil penelitian diperoleh koefisien regresi sebesar 0,450 dengan nilai signifikansi sebesar 0,006. Karena nilai signifikansinya jauh lebih kecil dari 2,5% atau 0,025, maka  hipotesis kedua dapat diterima yang berarti ada pengaruh antara variabel ROI terhadap return saham perusahaan telekomunikasi. Dari hasil penelitian diperoleh koefisien regresi sebesar -0,125 dengan nilai signifikansi sebesar 0,403. Karena nilai signifikansinya jauh lebih besar dari 2,5% atau 0,025, maka hipotesis ketiga tidak dapat diterima yang berarti CR tidak berpengaruh terhadap return saham perusahaan telekomunikasi. Dari hasil penelitian diperoleh koefisien regresi sebesar -0,344 dengan nilai signifikansi sebesar 0,025. Karena nilai signifikansinya sama dengan 2,5% atau 0,025, maka hipotesis keempat dapat diterima yang berarti ada pengaruh antara variabel TATO terhadap return saham perusahaan telekomunikasi. Dari hasil penelitian diperoleh koefisien regresi sebesar 0,311 dengan nilai signifikansi sebesar 0,047. Karena nilai signifikansinya jauh lebih besar dari 2,5% atau 0,025 maka hipotesis kelima tidak dapat diterima yang berarti interest rate tidak berpengaruh terhadap return saham perusahaan telekomunikasi. Dari hasil penelitian diperoleh koefisien regresi sebesar 0,004 dengan nilai signifikansi sebesar 0,977. Karena nilai signifikansinya jauh lebih besar dari 2,5% atau 0,025, maka hipotesis keenam tidak dapat diterima yang berarti CCC tidak berpengaruh terhadap return saham perusahaan telekomunikasi.
Kesimpulan Penelitian
*Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh terhadap return saham perusahaan telekomunikasi.
*Return on Investment (ROI) berpengaruh terhadap return saham perusahaan telekomunikasi
*Current Ratio (CR) tidak memiliki pengaruh terhadap return saham perusahaan telekomunikasi
*Total Asset Turn Over (TATO) memiliki pengaruh terhadap return saham perusahaan telekomunikasi.
*Interest Rate (IR) tidak memiliki pengaruh terhadap return saham perusahaan telekomunikasi.
*Cash Conversion Cycle (CCC) tidak memiliki pengaruh terhadap return saham perusahaan telekomunikasi.
Pendapat Mengenai Jurnal
Dari penelitian tersebut kita dapat mengetahui bahwa Debt to Equity Ratio (DER), Return on Investmen (ROI), dan Total Asset Turn Over (TATO) berpengaruh terhadap harga saham namun terdapat juga variabel yang tidak berpengaruh terhadap harga saham yaitu Current Ratio (CR), Interest Rate (IR) dan Cash Conversion Cycle (CCC).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review 12 - Perpajakan Internasional dan Penetapan Harga Transfer

NAMA ANGGOTA KELOMPOK : Dwi Ayu Larasati (22213664) Dwi Puspita Agustin (22213693) Nurul Maghfiroh Jufrin (26213733) Puti Melati ...